Kado Istimewa Seren Taun Ke 197, Girijaya Akan Resmi Jadi Kampung Adat

 

DHI Sukabumi - Dalam acara Seren Taun/Nampa Taun yang ke 197 di Bulan Muharam 1446 H kali ini yang digelar di Kasepuhan Girijaya, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terdapat kado istimewa dari Pemerintah Daerah yang akan diterima warga Kasepuhan, yakni Kasepuhan Girijaya akan resmi menjadi Kampung Adat Budaya.

Hal tersebut disampaikan Camat Cidahu, Tamtam Alamsyah dalam sambutannya bahwa, kasepuhan Girijaya sudah masuk dalam draf Peraturan Daerah, yang mudah mudahan terealisasi jadi Kampung Adat masuk dalam Perda Sukabumi.

"Ketika Kasepuhan Girijaya resmi jadi Kampung Adat, maka otomatis kegiatan disini bukan saja ada di kalender kecamatan lagi melainkan menjadi kegiatan Rutin Tahunan Pemerintah Kabupaten," ungkapnya. Senin (22/07/2024).

Menurutnya, Girijaya merupakan salahdatu wilayah di Utara yang masih kental dan teguh memegang jati diri budaya Sunda. 

"Maka dari itu, mudah mudahan Bupati Sukabumi dapat memberikan kado istimewa pada saat hari jadi kabupaten Sukabumi dan menjadikan Kasepuhan Girijaya sebagai Kampung Adat hingga bisa menjadikan wilayah ini sebagai tujuan wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya.

Sementara PLT Dinas Budaya Pemuda Dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi, Deden Sumpena, menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut merupakan bagian dari budaya yang ada di Sukabumi salah satunya di Utara dan pihaknya sangat mendukung dan berharap ke depannya bisa terpelihara serta dapat bantuan dari segi fasilitas.

"Kami juga saat ini sedang mengupayakan untuk memelihara budaya kasepuhan - kasepuhan sehingga bisa menjadi Aset Daerah dan mudah mudahan ini segera terealisasi," paparnya.

Ditempat yang sama salah satu Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menambahkan bahwa, serentahun di girijaya sangatlah luar biasa dengan menampilkan hasil bumi dan tentunya budaya tersebut harus tetap dilestarikan untuk mendongkrak perekonomian warga.

"Mudah mudahan desa girijaya ini bisa menjadi Desa Wisata, dengan berbagai potensi wisata salah satunya Adat Budaya di Kasepuhan girijaya, tentunya ini harus kita mumule sebagai budaya Sunda." Singkatnya.

Reporter  : Doplang

Redaktur : M Fa'is

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال