Kado Bupati Sukabumi ke Girijaya, Seren Taun Resmi Jadi Warisan Budaya

 

DHI Sukabumi - Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-154 Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menggelar "Touring Ngabumi Sesi 3 Tahun 2024" bersama jajaran Forkopimda pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Dengan mengendarai motor menjelajahi sejumlah wilayah di bagian utara Kabupaten Sukabumi, yang bertujuan untuk mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Sukabumi.

Tempat yang Pertama dikunjungi Bupati Sukabumi Drs, H. Marwan Hamami yang juga merupakan Anggota RAPI Wilayah 06 Sukabumi dengan Calsign JZ10 MH tersebut dalam perjalanan Touring Ngabumi tersebut yakni Pabrik Tjipetir di Kecamatan Cikidang. yang sudah beroperasi sejak tahun 1885 yang saat ini Pabrik tersebut telah dijadikan kawasan cagar budaya.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke objek wisata Gunung Wayang Pulosari di Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal yang terkenal dengan panorama alamnya yang memukau, selaras dengan keindahan danau Situ Sukarame di Kecamatan Parakansalak. Kedua tempat tersebut dilengkapi berbagai fasilitas penunjang untuk menarik wisatawan.

Kemudian kunjungan berikutnya rombongan Bupati Sukabumi menuju Kasepuhan Girijaya, Kecamatan Cidahu, yang merupakan kawasan yang penuh dengan kekayaan budaya yang luar biasa. 

Kedatangan Rombong Touring Ngabumi disambut dengan berbagai kesenian tradisional dan tradisi seren taun yang telah dilaksanakan selama 197 tahun secara turun temurun hingga Generasi ke 5 saat ini. Dan H. Marwan Hamami memberikan Kado istimewa dengan meresmikan Seren Taun sebagai warisan budaya tak benda.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami menyampaikan bahwa "Touring Ngabumi" merupakan agenda yang bertujuan untuk mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, baik dari sisi sumber daya alam maupun kebudayaan.

"Selain bersilaturahmi dengan masyarakat, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan keberagaman yang ada di Kabupaten Sukabumi," ujar Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh peserta touring untuk menjaga kebersamaan dan berkontribusi dalam memajukan Kabupaten Sukabumi dengan memanfaatkan potensi yang ada.

"Terima kasih atas kebersamaan hari ini. Mari kita bersama-sama memajukan Kabupaten Sukabumi demi kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Girijaya, Dindin Saripudin, mengucapkan banyak terimakasih khususnya kepada Bupati Sukabumi yang telah memberikan sebuah kado istimewa di akhir masa jabatannya.

"Tentu kado ini tidak akan pernah terlupakan oleh warga Kasepuhan Girijaya. Dengan diresmikannya Seren Taun sebagai Warisan Budaya mudah mudahan ini juga bisa turut meningkatkan roda perekomian msayarakat dan menjadikan Desa Girijaya lebih maju." Singkat Kades mengakhiri.

Reporter : Doplang

Redaktur : M Fa'is

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال